Kamis, 14 Juni 2018

UCAPAN SELAMAT DALAN BAHASA SUKU LANI BANYAK ARTI


Pubdok:usmin andiken kanon 2018 mei


H
ai... pemirsa dunia kali ini KOGOYA ANTIUS  menulis artikel mengenai “SUKU LANI” dan  suku Lani ini salah satu suku yang sangat terbesar di Papua Pengunungan tengga. Namun suku Lani ini memilikih satu kata yang sangat unik dan papuler dan ini sekilas perkenalkan saja dan arti kata tersebut sebagai berikut”  

AP LANI” mendek  yinone paga wa.. yogo menggark nogo yi o.. yi mendek dimendek eekwi, ndi yimendek ndimendek waaggarogwe ekwi kenok, it ap kologgwi nogo nen wa.. yogo menggarak o.. an liru yi wakirak ti it ap lani mendek eeko menggarak  nogo yi o..
Arti kata Wa ini terlalur luas dan banyak arti, dan kata “WA...” ini terlalu dalam untuk di artikan. Namun kata atau kalimat “Wa..” ini berasal dari salah satu suku yang ada di Papua dan tidak asing lagi di telinggah kita yaitu: “SUKU LUNI” AP LANI WA...


Dalam bahasa suku Lani ini memilikih satu kata yang samgat populer dan banyak arti, namun dalam satu kata “WA...” (Selamat)  tersebut banyak mengandung harti yang sangat luas.
Setiap  suku Lani punya kepribadian yang sangat unik dalam setiap kegiatan maupun dalam aktivitasnya. Dan dalam kegiatan terasebut di gunakan satu yaitu:  “WA...”  dan kata “WA” ini di gunakan kapan saja dimana saja. Kata “WA..”



Namun kata wa ini di gunakan, saat apa saja mau selamat pagi, siang, sore, dan  mlm pun juga kata wa.. ketemu orang di jalan pun juga kata wa.., dan mau ucapkan selamat datang pun wa.. mau marah pun juga wa. Dan bahkan dalam kegiatan resmi, pun juga kata wa.. dalam uparat adat pun juga kata wa, dan dalam kegiatan gereja juga kata wa.. dalam resmian gubernur dan bupati juga kata wa.. dan di saat orang meberikan sesuatu atau barang pun juga kata wa...   
Dalam kata wa ini sangat luas dan sangat  banyak yang mengandung arti maka kogoya te3rtarik untuk menulis artikel ini kepada pemirsa dunia.

By: Kogoya.one  (kogoya Antius)
  





2 komentar:

  1. Tulisan Kata2 anda tidak sempurna belajar banyak

    BalasHapus
  2. Tulisan Kata2 anda tidak sempurna belajar banyak

    BalasHapus